Pendahuluan


     
      Pada era globalisasi, semua negara dituntut kesiapannya dalam hal kualitas sumber daya manusia sehingga dapat bersaing dan bertahan dalam persaingan antar negara. salah satu bentuk kesiapan dari sumber daya manusia tersebut adalah pengusaan ilmu pengetahuan, khususnya adalah pengusaan basic science yaitu kimia. Karena salah satu faktor yang menyebabkan negara maju dapat bertahan dalam persaingan yaitu dengan memperhatikan pengusaan basic science pada generasi mudanya.
      Dengan fenomena di atas, negara Republik Indonesia semakin dituntut untuk memperlihatkan jati diri sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa lain disegala bidang khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi yang diharapkan mampu berperan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas harus dapat menjadikan beban di atas sebagai peringatan sehingga dapat selalu berkembang di masa yang akan datang. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai salah satu bagian dari perguruan tinggi maupun salah satu institusi yang berkompeten dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkulitas diharapkan dapat mengambil peran di atas.
      Sebagai suatu institusi pendidikan FMIPA UGM juga diharapkan menjadi center of basic science dalam pendidikan ilmu di Indonesia. Sehingga dapat melakukan retrospeksi terhadap perwujudan cita-cita FMIPA UGM. Sebagai lembaga pelestari ilmu dan pengembang ilmu itu sendiri, FMIPA UGM dituntut juga untuk melahirkan calon-calon ilmuwan yang kompeten dan capable bagi bangsa Indonesia sehingga nantinya calon-calon membawa Indonesia menjadi maju dan bertahan dalam persaingan. Berdasar alasan itulah Keluarga Mahasiswa Kimia FMIPA UGM menganggap perlu mengambil bagian dari peranan di atas. Untuk itu KMK FMIPA UGM mengadakan serangkain kegiatan Olimpiade Kimia Nasional.
      Adapun rangakaian kegiatan Olimpiade tersebut meliputi tiga kegiatan yaitu Lomba Bidang Studi Kimia Nasional untuk siswa SMA, Workshop Kimia untuk guru, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Open House Laboratorium Kimia. Dari ketiga kegiatan tersebut kami yakin bahwa berbagai macam produk dari instansi anda dapat diperkenalkan kepada peserta.


0 komentar:

Posting Komentar